PLSBT BAB1 (S1PLSBT)

BAB 1
PENDAHULUAN
MAKNA ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI DAN SENI BAGI MANUSIA
A.   PENGERTIAN
1.    SAINS (ILMU PENGETAHUAN)
Sains berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam semsta serta sistematis, bukan hanya kumpulan pengetahuan yang berupa fakta fakta ,konsep konsep, prinsip prinsip, saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan.
Kata dasar yang diambil dari kata scientia yang berarti knowledge(ilmu).
Ilmu sains aadalah ilmu yang dapat di uji (hasi pengamatan sesunggunya)  kebenarannya dan di kembangkan secara bersisitem dengan kaidah kaidahtertentu bedasarkan kebenaran atau kenyataan semata sehingga pengetahuan yang dipedomani tersebut boleh di percaya, melalui eksperimen atau teori.
Menurut kamus umum bahasa indonesia, sains adalah “ ilmu yang teratur (sistematik) yang dapat di uji atau di buktikan kebenarannya, berdasarkan kebeneran atau kenyataan semata (misal: fisika, kimia, biologi)
2.    TEKNOLOGI
Istilah teknologi berasal dari kata techne dan logia yang berasal dari yunani kuno, technie berarti seni kerajainan. Dari techne kemudian lahirlah perkataan technikos yang berarti seseorang yang memiliki keterampilan tertentu.
Sampai pada permulaan abad ke 20 ini, istilah teknologi telah di pakai secara umum dan merangkum suatu rngkaian sarana, proses dan ide di samping alat alat dan mesin mesin . perluasan arti itu berjalan terus sehingga sampai pertengahan abad  ini muncul perumusan demikian lah teknologi adalah segenap keterampilan manusia menggunakan sumber sumber daya alam untuk memecahkan masalah-masalah yang di hadapinya dalam kehidupan .
Secara umum teknologi berrarti suatu sistem penggunaan berbagai sarana yang tersedia untuk mencapai tujuan-tujuan praktis yang di tentukan.
3.    SENI
Menurut janet woll seni adalah produk sosial, menurut kamus umum bahasa indonesia seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu (di lihat dari segi ke halusannya, keindahannya, dan sebagainya). Seperti tari, lukis, ukir dan lain lain.
Maka konsep pendidikan yang memerlukan ilmu dan seni ialah proses atau upaya sadar antara manusia dengan sesama secara beradab, dimana pihak kesatu secara terarah membibing perkembangan kemampuan dan kepribadian pihak kedua secar manusiawi yaitu orang perorang, oleh karena itu budi bahasa pun adalah seni.



BAB 2
MAKNA ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI DAN SENI BAGI MANUSIA
1.    PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mendatangakan kemakmuran materi, adanya perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi menimbulkan cabang ilmu pengetahuan baru anatar alin: teknik moderan, teknologi hutan, teknologi gedung (metalurgi), teknologi transportasi, DLL.
Dengan menggunakan cabang cabang ilmu pengetahuan baru tersebut, kita dapat memperoleh hasil, misalnya:

       1)      Penggunaan teknik nuklir, orang dapat membuat reaktor nuklir yang dapat menghasilkan zat zat radio aktif, dimna zat ini dapat di manfaatkan untuk maksud 

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel PLSBT BAB1 (S1PLSBT) ini dipublish oleh Unknown pada hari Minggu, 24 Juli 2016. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan PLSBT BAB1 (S1PLSBT)
 

0 komentar:

Posting Komentar