MAKALAH PLSBT 1 (S1PLSBT)

BAB 1
PENDAHHULUAN
A.    Latar Belakang
   Perkembangan Ilmu Pengetahuan,Teknologi dan Seni telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Ilmu Pengetahuan adalah bagian yang esensial bagi manusia, karena ilmu pengetahuan merupakan hasil dari "berpikir" manusia.Salah satu hal yang membuat peradaban manusia semakin berkembang adalah pengetahuannya tentang teknologi.
Teknologi merupakan perkembangan suatu media atau alat yang dapat digunakan dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah.
Seni dapat diartikan sebagai sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan.
Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Dengan adanya perkembangan IPTEK manusia medapatkan berbagai kemudahan dalam melaksanakan kegiatannya sehari-hari.
Dengan demikian dapat dipahami bahwa adanya perkembangan IPTEK, manusia sangat banyak terbantu untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, tetapi disisi lain manusia juga harus sadar akan adanya berbagai macam ancaman yang dapat ditimbulkan oleh adanya perkembangan IPTEK tersebut, yang akan dapat membahayakan bagi manusia itu sendiri.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut:
1.       Apa itu pengertian ilmu pengetahuan, teknologi dan seni?
2.      Apa pengaruh IPTEK bagi kehidupan manusia?
3.       Apa peranan seni bagi manusia?
4.      Apa fungsi seni dalam kehidupan?

C.    Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuanya adalah untuk:
1.      Mengetahui  pengertian ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
2.      Mengetahui  pengaruh IPTEK bagi kehidupan manusia.
3.       Mengetahui  peranan seni bagi manusia.
4.      Mengetahui  fungsi seni dalam kehidupan.



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni
Ilmu Pengetahuan adalah bagian yang esensial bagi manusia, karena ilmu pengetahuan merupakan hasil dari "berpikir" manusia. Salah satu hal yang membuat peradaban manusia semakin berkembang adalah pengetahuannya tentang teknologi.
Istilah teknologi barasal dari kata techne dan logia. Kata Yunani kuno techne berarti seni kerajinan. Dari techne kemudian lahirlah technikos yang berarti seseorang yang memilki keterampilan tertentu. Dengan berkembangnya keterampilan seseorang yang menjadi semakin tetap karena menunjukkan suatu pola, langkah dan metode yang pasti, keterampilan itu lalu menjadi teknik.
Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia.
   Menurut Jaques Ellul (1967: 1967) memberi arti teknologi sebagai   ”keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi  dalam setiap bidang kegiatan manusia.” Pengertian teknologi secara umum adalah:
- Proses yang meningkatkan nilai tambah
- Produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan
  meningkatkan kinerja
- Struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan dan digunakan.

Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Dengan adanya perkembangan IPTEK manusia medapatkan berbagai kemudahan dalam melaksanakan kegiatannya sehari-hari. Bahkan saat sekarang ini hampir setiap orang itu tidak bisa terpisah dari adanya teknologi, setiap orang memanfaatkan alat komunikasi langsung jarak jauh seperti handphone untuk berhubungan dengan orang lain yang berjauhan. Jika ingin bepergian ke luar negeri tidak lagi memerlukan waktu yang lama, karena kita dapat menggunakan pesawat terbang, dengan beberapa menit saja kita sudah sampai di tempat tujuan yang dituju.
 Selain itu berbagai kegiatan yang pada awalnya dilakukan dengan menggunakan banyak tenaga manusia untuk mengerjakannya, kini dengan adanya perkembangan IPTEK semuanya itu dapat teratasi dengan penggunaan tenaga mesin untuk melakukan pekerjaan tersebut dengan waktu yang relative lebih cepat daripada menggunakan tenaga manusia secara manual.
Dengan demikian dapat dipahami bahwa adanya perkembangan IPTEK, manusia sangat banyak terbantu untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, tetapi disisi lain manusia juga harus sadar akan adanya berbagai macam ancaman yang dapat ditimbulkan oleh adanya perkembangan IPTEK tersebut, yang akan dapat membahayakan bagi manusia itu sendiri.

Janet Woll mengatakan bahwa seni adalah produk social. Sedangkan menurut Kamus B.Indonesia, seni adalah keahlian yang membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, dll), seperti tari, lukis, ukir, dll.
Seni  juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan. Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai. Dalam faktanya, kesenian merupakan bagian dari kehidupan manusia yang tak terpisahkan dimana ada kesenian di situ ada manusia.
B.     Pengaruh IPTEK Bagi Kehidupan Manusia
Diantara bidang yang dipengaruhi oleh perkembangan IPTEK adalah bidang pendidikan, bidang informasi dan komunikasi, bidang ekonomi dan industri, dan bidang politik.
1.        Bidang Pendidikan
  Beberapa dampak positif dan negative dari perkembangan teknologi terkait dengan dunia pendidikan, yaitu:
            a.  Dampak Positif
·         Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Seperti jaringan internet, lab computer sekolah, dll.
·         Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan, sehingga siswa dalam belajar tidak perlu terlalu terpaku terhadap informasi yang diajarkan oleh guru di sekolah, tetapi mereka juga bisa mengakses materi pelajaran langsung dari internet.
·         Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran.
·         Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.
·         Adanya sistem pengolahan data hasil penelitian yang menggunakan pemanfaatan teknologi.
·         Pemenuhan kebutuhan akan fasilitas pendidikan dapat dipenuhi dengan cepat.
       b. Dampak Negatif
·         Siswa menjadi malas belajar.
·         Terjadinya pelanggaran asusila.
·         Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan yang dapat disalah gunakan oleh siswa.
·         Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran, sehingga membuat siswa menjadi malas.
·         Kerahasiaan alat tes untuk pendidikan semakin terancam.
·         Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal.
2.        Bidang Informasi dan Komunikasi
     Beberapa dampak positif dan negative dari perkembangan                               teknologi terkait dengan dunia pendidikan, yaitu:
                     a.  Dampak Positif
·         Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui  internet.
·         Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.
·         Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah. Dan lain-lain .
                        b.  Dampak Negatif
·         Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas).
·         Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu.
·         Kerahasiaan alat tes semakin terancam. Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet.
·         Kecemasan teknologi. Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.

3.       Bidang Ekonomi dan Industri
                          a.  Dampak Positif
·         Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.
·         Terjadinya industrialisasi.
·         Produktifitas dunia industri semakin meningkat.
·         Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.
                          b.  Dampak Negatif
·         Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
·         Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”.

4.      Bidang Sosial dan Budaya
                 a.   Dampak Positif
·         Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.
·         Meningkatnya rasa percaya diri Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik.
·         Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
                        b.  Dampak Negatif
·         Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar.
·         Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat.
·         Pola interaksi antar manusia yang berubah
C.    Peranan Seni Bagi Manusia
1.     Kesenian Sebagai Pembentuk Peradaban Manusia
                        Kesenian dalam kehidupan manusia ikut mendidik manusia dan masyarakat menjadi beradab, agar kehidupan manusia menjadi lebih harmonis. Seni menjadikan manusia berbudi luhur.
2.    Karya-karya seni pada zaman primitif merupakan alat-alat yamg mampu menimbulkan suasana magis dan misterius dalam pemujaan serta kehidupan pada waktu itu. Juga karya-karya kesenian klasik yang puitik heroik maupun karya-karya modern, kesemuanya memberi pengaruh yang besar dalam peradaban manusia.
3.      Kesenian Sebagai Kebutuhan hidup
            Dalam istilah lainnya dapat diartikan sebagai seni terpakai, seni yang digunakan atau, dipakai atau yang lebih tepat sebagai seni terapan. Seni ini diterapkan pada sesuatu maksud atau benda, menurut kegunaannya tanpa melepaskan segi keindahannya. Jadi disamping memiliki keindahan wujud, juga memiliki nilai kegunaan wujud. Misalnya jambangan-jambangan atau guci dari tiongkok kuno, ujud serta permukaannya dibentuk dan dihias demikian indah, tanpa menghilangkan fungsi jambangan itu. Manusia ingin melepaskan dan mencurahkan keinginan keindahan ke seluruh hidupnya.
4.     Kesenian untuk Kebahagiaan Seni
5.    Kesan untuk memberi inspirasi seni dan kebahagiaan seni, terutama kepada seniman. Ia mengerjakan seni karena disitu ada kebahagiaan yang merupakan kebutuhan, walaupun hasilnya nanti untuk dinikmati oleh para penonton.
6.    Secara keseluruhan kesenian hanyalah ditujukan untuk kebahagiaan manusia, baik kebahagiaan manusia secara materi maupun spirituil. Kesenian diciptakan oleh manusia untuk melengkapi kebahagiaan manusia seluruhnya.
7.    Ternyata seni mempunyai peranan dalam kehidupan manusia untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hasrat mengungkapkan atau menyatakan perasaan pribadi mengenai aspek-aspek pokok kehidupan sehari-hari tentang kelahiran, cinta, perkawinan, iri hati, kematian dan lain-lainnya.
8.    Disamping memenuhi kebutuhan dalam hubungan kegiatan sosial kita mengenai situasi politik, ekonomi, kepercayaan, menyatakan keinginan atau tujuan bersama, menyusun komunikasi antar individu, mempengaruhi situasi masyarakat dan lain-lainnya. Juga memenuhi kebutuhan fisik seperti gedung, alat pengangkutan, alat penyimpanan, bahan pembungkus.
            Jadi peranan seni dalam kehidupan manusia merupakan suatu cara atau       usaha hasil budi manusia untuk mencapai tujuan, kebahagiaan atau  kesejahteraan. Inilah kenyataan tentang suatu gejala aktivitas manusia yang dinamakan seni.

D.    Fungsi Seni dalam Kehidupan
            Menurut antropologi,kesenian adalah salah satu unsur budaya manusia. Kita dapat merasakan dalam pengalamaan hidup seari-hari, betapa kita berbagai bentuk.
     Berdasarkan fungsinya sebagai pemenuh kebetuhan, seni dibagi menjadi beberapa kolompok.

1.      Fungsi individual
            Manusia terdiri dari unsur fisik dan unsur psikis. salah satu   unsur psikis adalah emosi. Maka fungsi individual ini dibagi menjadi fungsi pemenuhan kebutuhan secara fisik dan psikis/emosional.
a.      Fisik
                        Fungsi ini banyak dipenuhi melalui seni pakai yang berhubungan dengan fisik. Seperti, busana, prabot, rumah. Dan sebagainya. Contoh yang seni murni adalah musik senam
B
.      Emosional
            Dipenuhi melalui seni murni, baik dari segi si pembuat/penggubah, maupun konsumen penikmat. Contohnya, lukisan, novel, musik, tari, film, dan sebagainya.
2.     Fungsi sosial atau kelompok 
            Fungsi sosial artinya dapat dinikmati dan bermanfaat bagi    kepentingan orang banyak dalam waktu relatif bersamaan. Fungsi ini dikelompokan menjadi beberapa bidang.
a.      Rekreasi/ hiburan
            Seni dapat dijadikan sebagai sarana melepas kejenuhan atau kesedihan. Hal itu dapat terjadi misalkan pada saat kita menyaksikan, musik, tarian, film, dan lawak.
b.      Komunikasi
            Seni dapat digunakan untuk mengkomunikasikan sesuatu,    seperti pesan, kritik, kebijakan, gagasan , dan produk kepada orang banyak. Contoh : lagu balada, poster, drama komedi, dan reklame. Tema yang sering dibuat antara lain :
                1)     Ketidakdisiplinan anggota masyarakat terhadap lingkungan.
            2)     Himbauan melaksanakan Program Pemerintah
                3)      Anjuran kesehatan/kesejahteraan.
                4)      Ketidakadilan suatu kebijakan
c.       Pendidikan
Pendidikan juga memanfaatkan seni sebagai sarana   penunjangnya.  Contoh : Gambar ilustrasi buku pelajaran, film             ilmiah atau dokumenter, poster ilmiah, lagu anak-anak, dan foto.
d.      Religi/Keagamaan
            Karya seni dapat diijadikan ciri atau pesan keagamaan. Contoh: kaligrafi, busana muslim/muslimah, arsitektur atau dekorasi rumah ibadah, lagu-lagu rohani.



BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
            Ilmu Pengetahuan adalah bagian yang esensial bagi manusia, karena ilmu pengetahuan merupakan hasil dari "berpikir" manusia. Salah satu hal yang membuat peradaban manusia semakin berkembang adalah pengetahuannya tentang teknologi.
            Teknologi merupakan perkembangan suatu media atau alat yang dapat digunakan dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah.Seni dapat diartikan sebagai sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan.Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Dengan adanya perkembangan IPTEK manusia medapatkan berbagai kemudahan dalam melaksanakan kegiatannya sehari-hari.
B.     Saran
            Dengan mempelajari makalah ini diharapkan pembaca bisa menjadikan bacaan ini sebagai sarana dan sumber yang relevan dan juga sebagai bahan bacaan untuk menambah pengetahuan dan wawasan



DAFTAR PUSTAKA



Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel MAKALAH PLSBT 1 (S1PLSBT) ini dipublish oleh Unknown pada hari Minggu, 24 Juli 2016. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan MAKALAH PLSBT 1 (S1PLSBT)
 

0 komentar:

Posting Komentar