8 ketrampilan mngajar

DELAPAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR

Guru merupakan sosok yang dijadikan sebagai pemimpin siswa atau murid di dalam suatu kelasyang berkewajiban  menuntun siswa menuju kedewasaannya dalam berpikir dan bertindak.

Sehingga dalam hal ini, guru mempunyai peran yang sangat penting di dalam hal pembelajaran. Karena guru dijadikan sebagai panutan olah siswa-siswinya disuatu kelas saat mengajar.
Oleh karena itu agar siswa dapat menyesuaikan dengan lingkungan dan pembelajarannya dikelas, maka diperlukan suatu keterampilan dasar mengajar yang harus dimiliki oleh guru. Keterampilan dasar mengajar merupakan suatu kecakapan atau kemampan yang dimiliki oleh seorang guru dlam melatih atau membimbing aktivitas dan pengalaman siswa serta membatu siswanya untuk berkembang dan meyesuaikan diri terhadap lingkungannya.

Menurut Turney (2010), ada 8  keterampilan dasar mengajar, diantaranya adalah sebagai berikut:

1.Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran

Keterampilan membuka pelajaran merupakn suatu usaha yang dilakukan oleh seorang guru untuk menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang kondusif dan agar siswa terpusatpada guru dan materi yang akan dipejari.

Sedangkan keterampilan menutup pelajaran adalah suatu kegiatan seorang guru untuk mengakhiri suatu pelajaran dan mempunyai maksud untuk member gambaran menyeluruh terhadap apa yang tekah dipelajari oleh siswa dan mengetahui tingkat pencapain belajar siswa.Keterampilan membuka dan menutup pelajaran mempunyai tuuan dan komponen-komponenya, yakni:

Tujuan dari keterampilan ini adalah*.Memotivasi*.

Menjelaskan batas*.
Menjelaskan hubugan materi, dan*.
Mengetahui tingkat pemahaman Komponen dari keterampilan membuka dan menutup dibagi sendiri sendiri

Keterampilan membuka:
a.    Pertama membuka
b.    Menarik perhatia
c.    Menimbulkan motivasi
d.    Memberi acuan
e.    Membuat kaitan

Keterampilan menutup:
a.    Meninjau kembali
b.    Mengevaluasi
c.    Menarik kesimpulan
d.    Memotivasi/tindaklanjut materi
e.    Refleksi

2.Keterampilan Menjelaskan

Keterampilan menjelaskan meruoakan aktivitas seorang guru untuk menjelaskan atau menyajikan suatu informasi secara terorganisir,sistematik dan urut dan menunjukkan kecocokan hubungan antara satu informasi dengan dengan informasi yang lainnya agar mudah dipahami  olekh siswa.*.

TujuanMembantu siswa menjelaskan , menguatkan dan dilengkapi dengan analogi yang jelas*.

KomponenSecara garis besar, komponen dari menjelaskan dibagimenjadi dua yakni merencanakan dan menyajikan.

Komponen merencanakan adalah merencanakan isi dan karakteristik pembelajaran yag akan diaksanakan.

Sedangkan komponen menyajikan adalah komponen dimana meliputi kejelasan (bahasa, kelancaran, dll.), penggunaan contoh atau ilustrasi, pemberian tekanan (melalui suara misalnya), dan penggunaan balikan (dengan cara mengajukan pertanyaan kepada siswa).

3.Keterampilan Membuat Variasi

Keterampilan membuat variasi merupakan suatu keteramilan dalam proses interaksi dengan siswa untuk mengatasi kejenuhan atau kebosanan siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat berpartisipasi penuh dan sangat antusias dalam belajar.

Tujuan dan komponen dari keterampilan membuat variasi adalah sebagai berikut:

Tujuan*.
Memelihara dan meningkatkan perhatian siswa padapembelajaran*.

Meningkatkan motivasi dan rasa ingin tahu melalui suatu kegiatan investigasi*.

Membentuk sikap positif terhadap guru dan sekolah*.

Memudahkan belajar*.

Mendorong aktivitas siswaKomponenKomponen dari keterampilan membuat variasi dibagi menjadi 3 bagian yakni:

Variasi dalam mengajar*.
Variasi suara*.
Pemusatan perhatian*.
Kesenyapan*.
Kontak pandang*.
Gesture dan mimic*.
Perubahan posisiVariasi media dan bahan ajar*.
Visual*.
Audio*.
Taktik atau manipulativeVariasi pola interaksi dan kegiatan siswa*.
Klasikal (seperti metode ceramah)*.
Kelompok*.
Perorangan*.

Diskusi, latihan, dan demonstrasi

4 .Keterampilan Bertanya

Bertanya merupakaan suatu ucapan verbal yang diucapakn utnuk meminta suatu respon atau jawaban yang diinginkan.

Pertanyaan yang dilontarkan secara tepat dan tersusun dengan sangat baik, akan mempunyai dampak positif terhadap siswa seperti dapat meningktakan partisipasi siswa dalam belajar atau meningkatkan rasa keingitahuan siswa. Keterampilan bertanya dibagi menjadi dua, yakni bertanya dasar dan bertanya lanjut.

Keteramplan bertanya dasar mempunyai tujuan dan komponennya sendiri, yakni:

Tujuan bertanya dasar:*.
Membangkitkan minat dan rasa ingin tahu siswa*.
Memusatkan perhatian peserta didik

Komponen bertanya dasar:*.
Member petunjuk*.
Pemberian acuan*.
Pemusatan perhatian*.
Pengungkapan pertanyaan yang jelas*.
Member waktu siswa untuk berpikir, jangan langsungdijawab sendiri*.

Keterampilan bertanya lanjut mempunyai tujuan dan komponennya sendiri, yakni:

Tujuan komponen bertanya lanjut:*.Analisa*.Klarifikasi*.AlasanKomponen bertanya lanjut:*.Mengubah tuntutan tingkatan kognitif*.Mengatur urutan pertanyaan*.Menggunakan pertanyaan pelacak*.Penigkatan terjadi interaksi

5.Keterampilan Memberi Penguatan

Keterampilan memberi penguatan merupakan kegiatn modifikasi tingkah laku guru terhadap tingkah laku siswa yang bertujuan untuk meberikan umpan balik atau memberikan penguatan untuk meningkatkan kemungkinan tingkah laku siswa berulang kembali.

Prinsip dari keteramplan ini adalah kehangatan dana antusias.

Tujuan dan komponen dari keterampilan memberi penguatan adalah  sebagai berikut:

Tujuan*.Meningkatkan perhatian peserta didik*.Membangitkan dan memelihara motivasi belajar*.Member kemudahan bagi peserta didik*.mengontrolKomponen*.Penguatan verbal*.Penguatan gesture*.Penguatan cara mendekati*.Penguatan sentuhan*.Penguatan kegiatan yang menyenangkan*.Penguatan berupa tanda/benda*.Penguatan tak penuh

6 .Keterampilan Mengajar Kelompok (Besar dan Kecil)Keterampilan ini pada umumnya terdiri dari 3-8 siswa pada suatu kelompok kecil, sedangkan pada kelompokbesar teridiri dari lebih dari 8 siswa. Dalam kelompok kecil ini memungkinkan guru dapat memberikan perhatian lebih kepada siswa maupun antara siswa.

Komponen keterampilan ini adalah sebagai berikut:

Komponen*.Pendekatan pibadi, bisa dilakukan dengan hangat dan peka, mendengar dengan simpatik, dan memberikan respon yang positif seperti hubungan saling percaya, siap membantu, mengendalikan situasi.Membimbing dan memudahkan belajar, meliputi kegiatan penguatan dan pengembangan*.

Merencanakan dan melaksanakan KBM, hal-hal yangharus direncanakan dan dilaksanakan adalah seperti menentukan tujuan, recanakan pengembangan, seabagi penasehat, membantu siswa menilai kemajuan sendiri*.Variasi pengorganiasian*.

Pilihan topik yang sesuai*.Kenali siswa secara individual

7.Keterampilan Memimpin Diskusi Kelompok (Besar dan Kecil)

Diskusi merupakan suatu proses interaksi antara sekelompok siswa baik dalam suasana formal maupun nonformal yang biasanya membahas suatu informasi atau pengalaman dengan topic tertentu, memecahkan masalah bersama, dan pengambilan suatu kesimpulan. Diskusi dapat meningkatkan kreativitas siswa dan meningkatkan kemampunan berkomunikasi.

Diskusi kelompok kecil biasanya pesertanya terdiri dari 3-9 orang, membahas dan mempunyai tujuan/topic yang jelas, interaksi tatap muka, dan sistematis.

Hal-hal yang harus dihindari dalam diskusi adalah sebagai berikut:*.Topic yang tidak relevan*.Mendominasi diskusi*.Membiarkan penyimpangan dan monopoli*.Tergesa-gesa*.Tidak memperjelas*.Gagal menutup diskusi secara efektif*.Membuat kelompok yang dominasi

8.Keterampilan Pengelolaan KelasKeterampilan pengelolaan kelas merupakan keterampilan seorang guru untuk mempertahankana atau memelihara kegiatan belajar mengajar di kelas dari berbagi gangguan-gangguan yang dapat mengganggu proses pembelajaran dan menggangu perhatian siswa terhadap gurunya.

Keterampilan ini mempunyai beberapa komponen, diantaranya adalah:*.

Menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal, merupakan tindakan preventive berupa pengambilan inisiatif guru dan pengendalian kegiatan pelajaran maupun kegiatan yang berhubungan dengan keterampilan siswa*.

Mengembalikan kondisi belajar yang optimal, merupakan tindakan yang diambil oleh guru utnuk mengembaiakn pada kondisi yang optimal dar berbagai gangguan dari siswa.

https://civitas.uns.ac.id/siswahyuni55/2017/05/28/delapan-keterampilan-dasar-mengajar/?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C1120052328

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel 8 ketrampilan mngajar ini dipublish oleh Unknown pada hari Selasa, 07 November 2017. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan 8 ketrampilan mngajar
 

0 komentar:

Posting Komentar